Minggu, 13 Agustus 2023

Dewasa Muda?

Dewasa muda merupakan salah satu tahapan perkembangan kehidupan manusia masa dewasa muda diawali dengan masa transisi dari masa remaja menuju masa dewasa yang melibatkan eksperimentasi dan eksplorasi yang disebut sebagai emerging adulthood (Ammet dalam papalia dkk, 2005). Perkembangan dewasa dibagi tiga yaitu, deawasa muda (young adulthood) dengan usia berkisar antara 20 sampai 40 tahun. Dewasa menengah (middle adulthood) dengan usia berkisar antara 40 sampai 65 tahun dan dewasa akhir (late adulthood) dengan usia mulai 65 tahun keatas ( Papalia dkk, 2005)

Ada beberapa tugas perkembangan dewasa muda, yaitu (Turner & Helms dalam Dariyo, 2008).

a.) Mencari dan memilih pasangan hidup

b.) Belajar menyesuaikan diri dan hidup secara harmonis dengan pasangan 

c.) Mulai membentuk keluarga dan memulai peran baru sebagai orang tua d.) 

d.) Membesarkan anak dan memenuhi kebutuhan mereka e.) 

e.) Belajar menata rumah tangga dan memikul tanggung jawab f.)

f.) Mengembangkan karir atau melanjutkan pendidikan g.) 

g.) Memenuhi tanggung jawab sebagai warga negara h.) 

h.) Menemukan kelompok sosial yang sesuai

Dari tugas perkembangan diatas terlihat tugas terpenting dari dewasa muda adalah untuk membentuk hubungan intim yang dekat dengan orang lain. Hal ini sesuai dengan yang dikatakan oleh Erickson, dimana permasalahan untama individu yang berada pada tahap perkembangan dewasa muda adalah intimacy versus isolation. Pada tahap ini individu berusaha untuk membuat komitmen pribadi maupun dengan orang lain. Jika tidak berhasil maka ia dapat mengalami isolasi dan tenggelam dalam dirinya sendiri. ( Papalia dkk, 2005).

Ada beberapa batasan usia dewasa muda yang dikemukakan oleh beberapa tokoh. Levinson (dalam Berk, 2007) membagi masa dewasa muda menjadi 4 sub periode dengan batasan usia 17-40 tahun, sebagai berikut: yang pertama pada peralihan masa dewasa awal usia 17 hingga 22 tahun, yang kedua memasuki masa dewasa pada usia 22 tahun sampai 28 tahun, selanjutnya peralihan dari usia 28 tahun hingga 33 tahun dan 33 tahun hingga 40 tahun disebut puncak dari kehidupn dewasa muda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Strategi PRABOWO GEMOY terbukti berhasil ?

Generasi  Muda  yang  terkesan  sedikit  santai  tentusaja  enggan  untuk terlalu  memikirkan hal – hal yang cukup rumit. Tim Kampanye Prabo...