Sabtu, 12 Agustus 2023

KARL MARX (1818-1883)


Karl Marx adalah advokat intelektual yang paling bersemangat komunisme. Tulisan-tulisan yang komprehensif pada subjek meletakkan dasar bagi para pemimpin politik nanti, terutama V. I. Lenin dan Mao Tse-tung, untuk memaksakan komunisme di lebih dari 20 negara.

Marx lahir di Trier, Prusia (sekarang Jerman), pada tahun 1818. Ia belajar filsafat di universitas di Bonn dan Berlin, mendapatkan gelar doktor di Jena pada usia dua puluh tiga. radikalisme awal, pertama sebagai anggota dari Hegelian Muda, kemudian sebagai editor koran ditekan untuk konten sosial dan politik mengejek, mendahului setiap aspirasi karir di akademisi dan memaksa dia untuk melarikan diri ke Paris pada tahun 1843. Saat itulah Marx disemen persahabatan seumur hidup dengan Friedrich Engels. Pada tahun 1849 Marx pindah ke London, di mana ia terus belajar dan menulis, menggambar berat pada karya-karya David Ricardo dan Adam Smith. Marx meninggal di London pada tahun 1883 di lingkungan agak miskin, tidak pernah mengadakan kerja di Inggris dan mengandalkan Engels untuk dukungan keuangan.

Atas permintaan Liga Komunis, Marx dan Engels ditulis bersama pekerjaan mereka yang paling terkenal, “Manifesto Komunis,” yang diterbitkan pada tahun 1848. Sebuah panggilan untuk senjata untuk proletariat- “Pekerja dunia, bersatu!” - Manifesto set bawah prinsip-prinsip yang komunisme adalah untuk berevolusi. Marx menyatakan bahwa sejarah adalah serangkaian perjuangan kelas antara pemilik modal (kapitalis) dan pekerja (proletar). Sebagai kekayaan menjadi lebih terkonsentrasi di tangan beberapa kapitalis, pikirnya, jajaran dari proletariat semakin tidak puas akan membengkak, menyebabkan revolusi berdarah dan akhirnya masyarakat tanpa kelas.

Hal ini telah menjadi mode untuk berpikir bahwa Karl Marx tidak terutama ekonom malah terintegrasi berbagai disiplin ilmuekonomi, sosiologi, ilmu politik, sejarah, dan sebagainya. Tapi Mark Blaug, seorang sejarawan mencatat pemikiran ekonomi, menunjukkan bahwa Marx menulis “tidak lebih dari selusin halaman pada konsep kelas sosial, teori negara, dan konsepsi materialis tentang sejarah.” Marx, menulis Blaug, menulis “harfiah 10.000 halaman tentang ekonomi murni dan sederhana.”

Menurut Marx kapitalisme terkandung benih-benih kehancurannya sendiri. Komunisme adalah akhir yang tak terelakkan untuk proses evolusi dimulai dengan feodalisme dan melewati kapitalisme dan sosialisme. Marx menulis tentang penyebab ekonomi dari proses ini di Capital, dengan volume yang satu diterbitkan pada tahun 1867 dan kemudian dua volume, berat diedit oleh Engels, diterbitkan secara anumerta pada tahun 1885 dan 1894.

Dia adalah seorang ahli ekonom dan analisis yang mendalam tentang kapitalisme di Capital merupakan bukti dua puluh tahun beasiswa yang mengarah ke selesai. Teori nilai kerja, penurunan tingkat keuntungan, dan meningkatkan konsentrasi kekayaan adalah komponen kunci dari pemikiran ekonomi Marx. perawatan yang komprehensif tentang kapitalisme bertolak belakang, namun, untuk pengobatannya sosialisme dan komunisme, yang Marx ditangani hanya dangkal. Dia menolak untuk berspekulasi tentang bagaimana kedua sistem ekonomi akan beroperasi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Strategi PRABOWO GEMOY terbukti berhasil ?

Generasi  Muda  yang  terkesan  sedikit  santai  tentusaja  enggan  untuk terlalu  memikirkan hal – hal yang cukup rumit. Tim Kampanye Prabo...