Sabtu, 12 Agustus 2023

Mengenal Suku Dayak

 


Menurut Iper (1999), Suku Dayak merupakan salah satu suku yang ada di Indonesia yang tinggal di Pulau Kalimantan. Suku Dayak sendiri masih dibagi lagi menjadi ratusan sub-suku berdasarkan tempat tinggal mereka. 

Biasanya setiap sub-suku Dayak mengambil nama suku mereka dari nama sungai yang ada di sekitar mereka atau tempat yang mereka diami. Setiap Suku Dayak sendiri memiliki pemimpin yang mereka taati dan setia pada pemimpin yang telah mereka akui sendiri. Pemimpin yang diakui oleh masyarakat Suku Dayak bukanlah seorang yang hanya memberikan perintah atau menerima pelayanan lebih dari masyarakat, melainkan pemimpin yang mampu mengayomi dan mengenal masyarakatnya dengan baik.

Asal mula Suku Dayak di Kalimantan adalah migrasi Bangsa Cina dari Provinsi Yunnan di Cina Selatam pada 3000-1500 SM (sebelum masehi) ke Pulau Kalimantan. Sebelum datang ke wilayah Indonesia, mereka mengembara terlebih dahulu ke Tumasik dan semenanjung Melayu. Suku Dayak tidak hanya satu, melainkan terbagi lagi menjadi sub-suku yang jumlahnya 700 hingga 800 atau bahkan lebih.

Ciri khas watak orang Dayak adalah “mamut menteng ureh mameh”, baik laki-laki maupun perempuan sama saja. Mamut menteng artinya gagah perkasa, ureh yang berarti giat, dan mameh yang artinya suka mengalah. Selain itu, Suku Dayak juga memiliki motto kehidupan warisan leluhur, yaitu “Isen Mulang” yang artinya adalah pantang menyerah. Motto ini dipegang oleh setiap masyarakat Suku Dayak, tidak terkecuali pemimpin mereka.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Strategi PRABOWO GEMOY terbukti berhasil ?

Generasi  Muda  yang  terkesan  sedikit  santai  tentusaja  enggan  untuk terlalu  memikirkan hal – hal yang cukup rumit. Tim Kampanye Prabo...